SevenStrand

All Around

Breaking

Wednesday, October 22, 2014

Tempat Melihat Sunset Terindah di Indonesia


Sunset, suatu momen kala sang surya tenggela, diufuk barat sebelum gelapnya malam menyelubungi langit. Momen yang ada setiap hari, namun kerap kita abaikan karena padatnya kativitas. Atau mungkin bangunan-bangunan kota besar telah menghalangi pemandangan indah itu. Tak heran banyak orang yang menghabiskan waktu liburannya untuk berburu sunset. Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan sunset :

Candi Prambanan



Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini terletak di Jalan Jogja - Solo km16, Prambanan, Sleman Yogyakarta. Candi Prambanan dibangun antara abad ke 8 dan 10, memiliki 3 buah candi utama, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Cobalah untuk berkunjung ke Candi Prambanan saat hari telah menjelang sore. Setelah anda puas meningmati keindahan Candi Prambanan, tunggulah hingga matahari condong ke barat. Anda akan mendapatkan pemandangan sunset yang sungguh memukau kala langit senja yang memerah menjadi latar siluet megah Candi Prambanan.


Keraton Ratu Boko



Keraton ratu boko terletak diatas sebuah bukit dengan ketinggian 195,97mdpl di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keraton Ratu Boko ini kurang lebih berada 3km arah selatan Candi Prambanan. Memiliki luas area 25ha dengan banyak tempat terbuka, akan lebih cocok untuk mengunungi Keraton Ratu Boko menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset di indonesia. Panorama matahari yang terbenam dengan siluet reruntuhan Keraton Ratu Boko sangatlah indah.


Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Bantul, kurang lebih 28km sebelah selatan kota Jogja. Pantainya landai dengan butir pasir berwarna hitam. Pantai Parangtritis juga sangat terkenal dengan fenomena gumuk pasirnya. Gumuk pasir adalah suatu fenomena alam dimana angin dari laut mampu membuat dan memindahkan gundukan pasir di pantai. Sunset di Pantai Parangtritis terkenal sangat indah dan juga romantis.


Pura Tanah Lot



Obyek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Disini anda dapat menjumpai dua buah pura yang terletak diatas batu besar. Satu diatas bongkahan batu, dan satu lagi diatas tebing. Pada saat air pasang, Pura diatas bongkahan batu ini akan terkepung air laut. Pura Tanah Lot dikenal dengan keindahan panorama sunset nya sehingga setiap sore, tempat ini akan dipenuhi oleh wisatawan.


Gili Trawangan



Gili Trawangan adalah pula paling eksotis di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain pesona bawah lautnya yang indah, kecantikan Gili Trawangan yang sering diburu oleh para traveler adalah pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Sunset akan semakin indah jika anda menyaksikannya melalui sebuah bukit di Gili Trawangan. Dari sini kita akan melihat pesona Selat Bali dan Gunung Agung dari kejauhan. Cahaya jingga sunset secara perlahan menidurkan pulau ini.


Pura Batu Bolong



Pura Batu Bolong terletak di Jl. Raya Senggigi km4, Senggigi, Lombok. Pura ini sekilas akan mengingatkan kita akan Pura Tanah Lot di Bali. Pura ini memiliki lubang atau bolong ditengahnya, sehingga dinamakan Batu Bolong. Pura ini berhadapan persis dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali. Kala senja telah menyapa, bila langit cerah, anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan mentari yang tenggelam di balik Gunung Agung. Ditengah deburan ombak dan harumnya bunga dalam keheningan, keindahan Sunset Pura Batu Bolong akan menjadi momen yang tak terlupakan.


Pantai Lasiana



Pantai Lasiana terletak persis di jantung Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini menjadi favorit penduduk lokal dan juga wisatawan manca negara untuk menyaksikan sunset. pasir putihnya lembut dengan ombak yang tenang dan air yang jernih. Sunset di Pantai Lasiana ini sangat istimewa karena posisi Pantai Lasiana yang tepat menghadap kearah sang surya kembali keperaduannya. Birunya air laut pun sekejap berubah menjadi kuning keemasan berkat pantulan cahaya matahari.


Gunung Bromo



Gunung Bromo terletak di Jawa Timur dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan ketinggian 2.392mdpl, suhu udara di puncak Gunung Bromo dapat berkisar antara 2-20 derajat celcius. Di puncak Gunung Bromo, anda dapat melihat pemandangan kawah luas dengan diameter 600m. Salah satu tempat paling memikat untuk menyaksikan sunset di Gunung Bromo adalah di Puncak Penaniakan, salah satu spot wisata di Gunugng Bromo. Saat matahari kembali keperaduannya dan langit berubah lembayung, hamparan pasir luas laksana gurun akan tampak diselimuti ronggga jingga. Sungguh keindahan alam yang sangat memukau.

Bagaimana? saya yakin hati anda bakalan meleleh melihat foto-foto sunset diatas. Bagi anda yng hendak berburu sunset, jangan lupa untuk menyiapkan kamera, atur waktu perjalanan agar anda tidak kemalaman dan sang mentari keburu terbenam. Semoga keindahan sunset akan membuat anda semakin bersyukur bahwa Tuhan masih memberi anda satu hari lagi untuk minikmati indah cipataan-Nya

No comments:

Post a Comment