SevenStrand

All Around

Breaking

Tuesday, October 21, 2014

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Panas


Negara Indonesia memiliki 2 musim, yakni musim panas dan musim hujan. Sekalinya panas, panas banget. Pas hujan, deras banget.
Tentunya tubuh kita akan kaget dengan adanya perubahan tiba-tiba yang ekstrim tersebut. Kalau tidak pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi fit. Sebenarnya ancaman kesehatan tidak hanya terjadi pada musim hujan saja, namun juga musim panas. Saat musim panas, cuaca cenderung panas dan berdebu sehingga membuat tubuh lebih cepat lelah dan tidak nyaman karena mengeluarkan keringat terus-menerus. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi sehat dan fit di musim panas, ada beberapa tips. Antara lain :

Cukup Istirahat


Inilah bagian terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh, baik di musim panas maupun hujan. Jangan terlalu memaksakan diri, terutama dalam cuaca yang ekstrim. Ada baiknya beristirahat sebelum memulai aktivitas baru, dan selalu usahakan untuk tidur yang cukup.

Perbanyak Minum Air Putih


 Karena tubuh kita mengandung 80% air, maka akan sangat baik tentunya kalau kita banyak meminum air putih, sehingga tidak akan mudah mengalami dehidrasi. Karena pada musim panas kita akan lebih sering berkeringant dan banyak kehilangan cairan tubuh.


Pakaian Tipis dan Cerah


Untuk mengurangi intensitas keringat, pakailah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun. Pilihlah pakaian yang tipis sehingga  anda tidak merasa panas. Warna pakaian yang cerah lebih baik karena dapat memantulkan panas.

 Jaga Kebersihan Makanan


Selain panas, pada saat musim panas juga akan sangat berdebu. Selalu jaga makanan tetap bersih dari debu. Pada saat menyimpan makanan, jangan biarkan makanan terbuka. Saat mengambil makanan pastikan tangan anda dalam keadaan bersih.

 Penuhi kecukupan Vitamin dan Gizi


Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, selalu penuhi asupan vitamin dan gizi bagi tubuh anda. Vitamin dan gizi dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh anda dengan mekonsumsi multivitamin atau suplemen. Pengkonsumsian suplemen diharapkan mampu memperkuat sistem imun, sehingga akan lebih tahan terhadap penyakit.

Berdoa


Jangan pernah lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan kesehatan dan dijauhkan dari sakit. Karena sekuat apapun kita berusaha agar tidak sakit, namun jika Tuhan mengkehendaki kita sakit maka tiada daya untuk melawan. So, don't forget to pray. 

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan di musim panas. Tips lainnya yaitu, mandi dengan teratur, memakai tabir surya, dan tetap menjaga senyum agar hari-hari anda terasa lebih indah.

No comments:

Post a Comment