SevenStrand

All Around

Breaking

Tuesday, February 12, 2013

Kristal


DEFINISI KRISTAL
Menurut bahasanya Kristal berasal dari bahasa Yunani yaitu krustallos yang berarti es atau sesuatu yang menyerupai es. Kristal merupakan padatan homogeny yang dibatasi oleh bidang-bidang datar(bidang muka) yang teratur dan mempunyai susunan atom dan molekul dalam keadaan teratur pula. Selain dari definisi ini terdapat pula berbagai definisi Kristal dari beberapa ahli.
  1. Wikipedia : Kristal adalah suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi.
  2. Snechal : Kristal merupakan padatan yang secara esensial mempunyai pola difraksi tertentu
  3. Djauhari Noor : Kristal di definisikan sebagai mineral yang memiliki sifat dan bentuk tertentu dalam keadaan padatnya sebagai perwujudan dari susunan yang teratur di dalamnya
SISTEM KRISTAL
Dari beberapa definisi diatas dapat kita pahami bahwa kristal merupakan bahan padat yang secara kimia homogen dengan bentuk geometri tetap, sebagai gambaran dari susunan atom yang teratur, dibatasi oleh bidang banyak ( polyhedron ), jumlah dan kedudukan dari bidang-bidang kristalnya tertentu dan teratur.

Sistem kristal dibagi menjadi 7 kelompok yang didasarkan pada tiga hal yaitu : jumlah sumbu kristal, letak sumbu kristal yang satu dengan yang lain, parameter yang digunakan untuk masing-masing sumbu kristal.
ketujuh sistem tersebut adalah:
  1. Sistem Isometrik
  2. Sistem Tetragonal
  3. Sistem Orthorombik
  4. Sistem Hexagonal
  5. Sistem Trigonal
  6. Sistem Monoklin
  7. Sistem Triklin

No comments:

Post a Comment